TUGAS 1 PBBK E


Hello Word di CodeIgniter


Untuk pembelajaran awal PBKK, kita akan mengenal bagaimana cara ngoding dengan menggunakan framework CodeIgniter. Apa itu framework? Dan apa itu CodeIgniter?

Jadi dasarnya kita harus mengetahui pengertian dari framework. Framewok sendiri adalah intruksi-intruksi yang dikumpulkan dalam class dan function yang berguna memudahkan developer dalam pemanggilannya tanpa harus menulis syntax program yang sama berulang kali. Dengan kata lain, software yang memudahkan programmer untuk membuat sebuah aplikasi web yang di dalamnya terdapat berbagai fungsi salah satunya plugin, dengan konsep agar sistem dapat terstruktur rapi. Framework terbagi menjadi dua yaitu, framework PHP dan framework CSS. Yang akan digunakan dan dibahas adalah framework PHP, khususnya CodeIgniter. 

Hasil gambar untuk framework php

CodeIgniter adalah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). CodeIgniter bersifat gratis hingga memudahkan developer membangun sebuah aplikasi berbasis web.

Hasil gambar untuk codeigniter

Setelah mengerti konsepnya, langsung ke praktik dimana kita membuat halaman Hello World yang berisikan biodata sederhana dalam web menggunakan CodeIgniter.

  •  Memindahkan folder CodeIgniter dalam htdocs xampp dan rename agar memudahkan project. ( di dalam contoh saya pakai kata ‘pbkk’)
  • Masuk ke folder application -> config, ada 2 buah file yang harus disetting yaitu config.php dan routes.php
  • Di dalam config, masukkan alamat akses pada aplikasi.

 
  •            Di dalam routes.php setting controller pertama dengan nama yang akan dipanggil oleh aplikasi (load default). Di nama controllernya saya gunakan ‘mulai’.



  •   Selanjutnya masuk ke folder application -> controller, dan buat sebuah file php bernama mulai.php, kemudian edit isinya seperti gambar di bawah.




  •  Pada controller ‘mulai’ kita memiliki view dengan perintah “ $this->load->view(‘hello_world’); . Maka kita harus membuat sebuah file bernama hello_world.php dalam folder application -> view. Setelah itu kita ini filenya dengan konten yang akan kita tampilkan pada web. Dan buka web dengan mengakses ‘localhost/pbkk’, serta jangan lupa mengaktifkan xampp nya.

Sekian uraian cara tahap awal membuat web sederhana dengan menggunakan konsep Controller dan View pada CI. Terima kasih.





Komentar